Terkait Kasus Zaskia Gotik Hina Pancasila, Jupe Bantu Minta Maaf

SELEB.Info – Kasus Zaskia Gotik Hina Pancasila makin ramai diperbincangkan. Dugaan penghinaan terhadap lambang Negara itu mencuat setelah Zaskia Gotik mengucapkan beberapa kalimat candaan yang berhubungan dengan hari kemerdekaan Indonesia dan lambang pancasila. Jawaban pedangdut yang terkenal dengan goyang itiknya itu membuat banyak pihak geram dan mengecam.

Imbas dari  hal tersebut membuat Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) tak tinggal diam. KPI memanggil tim produksi acara Dahsyat yang disiarkan RCTI dan meminta konfirmasi. Dalam pertemuan tersebut tim RCTI yang diwakili oleh Sambodo, Jahja I Rianto dan Corporate Secretary mengungkap bahwa kejadian yang dilakukan Zaskia di luar skenario.

“Kami sangat terkejut dengan jawaban Zaskia dan langsung menegur keras Zaskia untuk segera menyampaikan permintaan maaf,” ungkap Jahja I Rianto seperti ditulis KPI.go.id.

Zaskia Gotik kemudian menyampaikan permintaan maafnya satu hari setelah kejadian. Permintaan maaf itu disiarkan secara langsung juga dalam acara Dahsyat. Dalam konfirmasinya di KPI, RCTI juga menegaskan akan menayangkan ulang permintaan maaf tersebut di beberapa acara lain di RCTI.

Selain konfirmasi dan permintaan maaf yang dilakukan, KPI juga memberikan surat teguran kedua untuk acara Dahsyat.  Acara musik tersebut dianggap melanggar norma kesponanan, perlindungan anak-anak dan remaja, penggolongan program siaran, serta penghormatan terhadap lambang Negara.

Meskipun telah dihukum melalui KPI dan Zaskia sepertinya sudah menerima hukuman sosial melalui respon masyarakat. Kasus Zaskia Gotik hina Pancasila ini tak berhenti sampai di sini.

Persoalan tersebut ternyata sudah menyentuh ranah hukum. Dilansir Kompas.com Kanit I Subdit Cyber Crime Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya, Kompol Nico Setiawan, mengungkap bahwa kepolisian akan segera memanggil Zaskia Gotik untuk diperiksa terkait dugaan pelecehan dan penghinaan atas Pancasila dan Dasar Negara RI.

Selain Zaskia, Denny Cagur, Julia Peres dan Ayu Ting Ting juga dikabarkan akan dipanggil untuk dimintai keterangan.

Sebuah Lembaga Swadaya masyarakat melaporkan apa yang dilakukan Zaskia kepada pihak kepolisian. Tak hanya LSM, Paranormal Ki Kusumo pun juga melaporkan Zaskia mengenai kasus yang sama.

Menanggapi kasus yang sepertinya menjadi berlarut-larut, Julia Perez memberikan dukungannya terhadap Zaskia Gotik dan sekali lagi meminta maaf kepada publik atas nama Zaskia.

Pemilik nama asli Yuli Rahmawati itu memberikan pernyataan panjang lebar melalui akun Instagramnya. Melalui foto yang diketahui berada di Polda Metro Jaya, Jupe – panggilan akrab Julia Perez memberikan 5 poin pernyataan terkait kasus Zaskia.

1. Tanpa bermaksud membenarkan apa yang dilakukan Saskia, tapi menurut saya polemik yang terjadi sudah cukup untuk menjadi masukan dan bahan evaluasi, tidak hanya buat Saskia secara pribadi, tapi buat semua yang bergelut di dunia hiburan

2. Permohonan maaf yang disampaikan oleh Saskia adalah bentuk penyesalan yang dalam, setiap orang bisa saja khilaf, dengan adanya polemik dimedia masyarakat, sejatinya sudah menjadi hukuman sosial buat Saskia,
3. Yang perlu dilihat dan diperhatikan dalam menilai kesalahan sesorang adalah motifnya. Dan saya sebagai sahabat Saskia, yang kenal betul dengan dia, yakin kalau tak ada motif atau niat melecehkan lambang negara, yang terjadi itu lebih pada spontanitas Saskia untuk menghibur, walau pada akhirnya dianggap salah.
4. Saya berharap kita bisa menghentikan polemik ini, energi bangsa jangan tercurahkan hanya untuk menyikapi kehilafan orang per orang, masih banyak persoalan bangsa yang menurut kotribusi positif kita semua.

5. Sekali lagi mewakili Saskia, sebagai sahabat, saya menyampaikan permohonan maaf atas kehilafan Saskia. Dia manusia biasa yang tak luput dari salah

Foto by @juliaperrezz

Hendartho Pamuji

Jurnalis hiburan Indonesia @BeritaSelebIndo

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *