Dianggap Tampilkan Simbol Salib, Acara TV Ramadan Ini Kena Teguran KPI

SELEB.Info –  Acara TV Ramadan kena tegur KPI. Acara TV Ramadan meramaikan bulan Ramadan tahun ini. Berbagai saluran televisi berlomba-lomba untuk mengambil hati penonton dengan tayangan unggulan mereka. TVRI, saluran televisi naisonal ini juga melakukan hal yang sama. Belum lama ini acara Jelang Sahur yang ditayangkan TVRI mendapat Teguran Tertulis dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Teguran ini terkait dengan acara Jelang Sahur pada hari Sabtu, 11 Juni 2016, yang tayang mulai pukul 03.02 WIB. Pada acara yang diperuntukkan untuk umat beragama Islam itu menampilkan pengisi acara yang menggenakan pakaian muslim dengan aksen Renda. Hal itu dianggap menyerupai symbol agama tertentu jika dilihat dari layar televisi.

jelang-sahur-ditegur-kpi

KPI Pusat menilai tampilan tersebut tidak layak karena akan menimbulkan kesalahpahaman. Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas penghormatan terhadap nilai-nilai agama dan kesopanan. Acara Jelang Sahur dianggap melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) Tahun2012 pasal 6 dan pasal 9, serta melanggar Standar Program Siaran (SPS) Tahun 2012 pasal 6 Ayat (1) dan (2), serta pasal 9 ayat (1) dan (2). Dalam surat tegurannya, KPI juga mengungkap bahwa KPI menerima cukup banyak keberatan dari masyarakat.

Dengan teguran ini acara Jelang Sahur harus melakukan evaluasi internal mengenai hal ini, dan segera melakukan permintaan maaf terhadap masyarakat Indonesia melalui siaran Jelang Sahur pada hari Selasa 14 Juni 2016.

 

Hendartho Pamuji

Jurnalis hiburan Indonesia @BeritaSelebIndo

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *